Halaman

3 Sep 2011

Pengembaraan Caving Ke Tasikmalaya


Pengembaraan Caving dilakukan oleh kami berenam,Wiki,Nita,Irfan ,Taka,Soni dan Kries.Kami mulai berangkat dari sekre sekitar jam 19.30 menuju Stasiun Lempuyangan.Setelah menunggu sekitar 1 jam kurang,akhirnya kereta Pasundan yang kami nanti datang,dengan kereta kelas ekonomi itu kami berangkat menuju Tasik dengan suasana yang cukup nyaman soalnya bisa tidur bebas di gerbong bagian paling belakang.hehehe
Sekitar pukul 02.00 dinihari,kami akhirnya tiba di Tasikmalaya,kemudian kami lanjut beristirahat di persinggahan basecamp TCC (Tasikmalaya Caving Club).Di basecamp TCC kami disambut hangat oleh beberapa teman TCC,mereka adalah Aa Desmon,Aa Fajar,Aa Maman,Qondim,dan satu lagi,aku lupa namanya.
Esok harinya sekitar pukul 09.00 ,kami akhirnya berangkat menuju kabupaten Tasikmalaya bagian selatan,daerah Bojong namanya,perjalanan ke Bojong cukup panjang butuh waktu sekitar 2,5 jam.Daerah ini merupakn wilayah yang cukup pelosok dan jalannya lumayan enak untuk membuat kita merasa mual .Kami akhirnya sampai juga ,lalu kami menuju basecamp seorang warga sana yang bernama Mang Uul,suasana kehidupan masyarakat Sunda begitu kental,dirumah yang cukup sederhana tapi nyaman itu kami berbincang-bincang dengan penghuni rumah.Jam 14.00 kami akhirnya diantar oleh Mang Uul menuju gua-gua yang ada disana.Gua yang akan kami sambangi pertama kali adalah Gua Noh dan kemudian Gua Lisung.
Sekitar jam 17.00 kami mulai memasang jalur di Gua Noh,dinamakan Gua Noh karena dulu ada seorang ibu-ibu yang hamil dan jatuh terpelosok ke dalam gua,dan ibu-ibu itu memiliki nama Noh,jadi dinamakan Gua Noh.Aku sebagai riggingman mulai memasang 3 angker di Gua vertikal yang berkedalaman sekitar 17 meter.Pertama kali ,masuk ke gua ini aku diambut oleh suara kelelawar dan penghuni-penghuni gua yang beraneka ragam,suasana begitu aneh ,hawa yang kurasakan terkadang membuat aku dag dig dug.Setelah kami berenam turun ke gua,kami mulai melakukan eksplorasi ke seluruh bagian gua yang ada,luas area gua yang ada memang tak begitu luas sehingga kami dapat melakukan eksplorasi dengan cepat.   
 Jam 22.00 kami semua sudah keluar dari Gua Noh,kemudian kami lanjut ke Gua Lisung.Di Gua Lisung memiliki ketinggian vertikal sekitar 35 meter dan memiliki multipitch.Bucek sebagai riggingman memasang 2 angker dan mulai turun pertama kali ke gua ini.Kami berenam juga turun ke gua ini,Gua Lisung memiliki bentuk yang sempit dan kecil tapi dalam.Menurutku gua Lisung memilki kesulitan tersendiri,kami harus turun melewati celah yang cukup sempit dan hanya pas dengan ukuran badan.Di dalam gua,kami beristirahat sejenak sambil menunggu gantian siapa yang akan naik duluan.Aku mulai memasang jumar dan crool ke  carmentel dan mulai naik perlahan-lahan ke atas dalam kondisi badan yang lumayan mengantuk,cukup menguras tenaga menurutku dan keringat mengucur deras membasahi coverroll yang aku kenakan.



Pagi yang cerah pun tiba,kicauan  burung begitu indah di pagi ini,setelah kami makan pagi dan packing,semua tim lanjut menuju Gua horizontal yang indah,gua ini dinamakan Gua Bojong karena gua ini terletak di wilayah Bojong.Gua ini merupakan sumber mata air bagi warga sehingga banyak dibuat pipa-pipa dari bambu untuk mengalirkan air ke rumah warga.Di mulut gua,kami foto-foto terlebih dahulu dan kemudian kami melakukan eksplorasi.Gua ini memiliki jalur yang panjang,lebih dari 500 meter dan memilki aliran air .Eksplorasi kami ini dibantu oleh Aa Desmon dan Aa Qondim yang sudah mengenal betul bagian-bagian gua ini.Kami melewati jalur berair yang cukup dalam,sekitar 1 meter-hingga 1,5 meteran kedalamannya,sepanjang jalur kami dapat melihat ornamen stalaktit,stalagmit,gorsdam,pilar dan masih banyak lagi.Didalam gua ternyata banyak juga penghuninya,ada udang yang cukup besar,sebesar ibu jari ukurannya,ada jangkrik,kelelawar,dan hewan-hewan lain yang tak dapat disebutkan satu persatu.Setelah sekitar dua jam kami eksplorasi gua ini,kami akhirnya sampai di pintu keluar gua ,rasa terpuaskan menghampiri hati kami.Petualangan kami akhirnya selesai,Gua Bojong ini merupakan gua terakhir yang kami sambangi dan kami kembali lagi menuju basecampnya Mang Uul.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar